Angkatan
(I)
22-23 Agustus 2013;
(II)
29-30 Agustus 2013. Yogyakarta
ISO 26000 adalah standar internasional yang menjadi pedoman semua organisasi yang keputusan dan aktivitasnya
menimbulkan dampak atas masyarakat dan lingkungan hidup, untuk melaksanakan
Tanggungjawab Sosial (Social Responsibility, SR). Standar ini
dimaksudkan untuk digunakan oleh semua jenis organisasi apa pun sifat, bidang maupun bentuknya serta besarannya, di seluruh negara.
Penerapan ISO 26000 dipandang
sebagai satu langkah maju dalam peningkatan keikutsertaan organisasi-organisasi dalam rangka Pembangunan Berkelanjutan yang juga memengaruhi efektivitas, kinerja dan produktivitas organisasi sendiri. Untuk optimalisasi manfaat dari penerapan ISO 26000, maka diselenggarakan proses pembelajaran komprehensif dan sistemik bagi semua pihak
yang terlibat dalam upaya pelaksanaan tanggungjawab
sosial organisasi.
Di Indonesia, sebagian dari Organization’s Social Responsibility-ISO 26000 diwajibkan bagi perusahaan, menjadi Tanggungjawab Sosial Perusahaan atau Corporate
Social Responsibility (CSR). Hal ini termaktub dalam pasal 74 UU Perseroan Terbatas (UUPT). Perusahaan, lembaga-lembaga maupun institusi sebaiknya melaksanakan ISO 26000 dalam memperhatikan aspek sosial dan lingkungan dari keputusan dan aktivitasnya selain aspek
keuangannya. Maka Training ISO 26000 ini direkomendasikan
kepada seluruh organisasi dan kelembagaan yang peduli, serta ingin membangun
system pengelolaan SR secara terarah dan terukur guna meningkatkan
produktifitas di kelembagaan dan organisasi.
TUJUAN
· ~ Peserta
memeroleh pemahaman dan pengetahuan dasar atas konsep ISO 26000-Organization’s Social Responsibility (SR)
~ Peserta mendapatkan gambaran pola sistematisasi dan integrasi
serta evaluasi setiap kegiatan organisasi yang berdasarkan kepentingan para stakeholders di
setiap tahapan proses penciptaan nilai ~ Peserta mampu mengelola dan membangun Sistem SR organisasi sesuai ISO 26000
MATERI
- Pemahaman Menyeluruh, Lingkup dan Isi ISO 26000
- Istilah Pokok dan Definisinya dalam ISO 26000
- Memahami Tanggungjawab Sosial dan Sustainable Development (Pembangunan Berkelanjutan)
- Definisi dan 7 Prinsip Tanggungjawab Sosial
- Menerima Tanggungjawab Sosial dan Keserasian Kepentingan Stakeholders
- Tujuh Bidang Pokok dan Isyu-isyu Tanggungjawab Sosial Organisasi
- Integrasi Tanggungjawab Sosial yang sudah dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan menurut pola ISO 26000
- Komunikasi Kinerja Social Responsibility (SR)
- Mengembangkan Action Plan untuk implementasi ISO 26000
PESERTA
1.
Pemimpin satuan organisasi yang bertanggungjawab atas policy manajemen;
Muwakil /Representative bidang Social Responsibility, Stakeholders Relations,
Quality Systems, General Affairs, External Relations, atau penanggungjawab bidang/seksi Kemitraan dan Bina Lingkungan, Community Development, Environment Development, HRD/Personalia, Humas.
2.
Perusahaan dari
semua bidang industri, Rumah Sakit, Kampus/Sekolah, Kawasan Industri, Kawasan
Wisata, Kawasan Ziarah, LSM/NGO
INSTRUKTUR
Pengantar DR Francis Wahono, Direktur SEMAI dan Ketua Yayasan Cindelaras
Paritrana.
Pemandu Utama: Drs Bambang Kussriyanto
Konsultan dan Trainer Business Strategic Management,
Quality & Productivity Development, ISO 9000-series/SNI 19000, ISO 14000,
dan ISO 26000.
TEMPAT
CindeNest, Jl Pangkur 19,
Ganjuran-Manukan, Condongcatur, Yogyakarta
DURASI
2 Hari (Efektif 14
Jam: 09.00-16.00)
ACARA
DAY #ONE
Selamat Datang/Registrasi
09.00 Pendahuluan
09.30 Standar Internasional IS0
26000 dan Kosa Kata/Istilah
~ Menentukan
lingkup Standar International ini dan menunjukkan batasan dan kekecualian
tertentu.
~ Memberikan definisi istilah pokok yang sangat mendasar pentingnya
untuk memahami tanggungjawab sosial dan untuk
menggunakan Standar International ini.
10.15 Coffee Breaks
10.30 Latar Belakang dan Proyeksi ke
Depan ISO 26000
~ Faktor2 penting dan kondisi yang memengaruhi perkembangan tanggung
jawab sosial dan yang terus memengaruhi hakekat dan praktiknya. Juga
menguraikan konsep TJS sendiri.
12.00 Makan Siang
12.30 Studi Kasus Tanggungjawab
Sosial
~ Belajar dari situasi lapangan kasus, mengenali peluang-peluang dan
kemungkinan tanggungjawab sosial
13.30 Tujuh Prinsip Tanggungjawab
Sosial
~ Mengenalkan dan menerangkan prinsip-prinsip TJS: 1.
Akuntabilitas; 2.
Transparansi; 3. Perilaku Etis; 4. Menghormati Kepentingan Stakeholder; 5. Kepatuhan Hukum; 6. Menghormati Norma Perilaku Internasional; 7. Penegakan HAM.
14.30 Coffee Break
14.45 Peranan Para Pemangku
Kepentingan (Stakeholders)
~ Penerimaan dan pengakuan suatu organisasi atas kewajiban melakukan TJS,
dan upaya komunikasi dan kerjasama dengan para pemangku kepentingan
16.00
Closing Day #One
DAY #TWO
09.00 Tujuh Soal Pokok Tanggungjawab
Sosial Dan Isu-isu Utama Bagian I
~ Menerangkan soal (bidang) pokok dan isu2 yang terkait TSJ:
a. Pokok Soal Tatakelola Organisasi: a.l. Bagan Organisasi dan Pejabat yang Bertanggungjawab atas TJS; Struktur dan Proses Pengmbilan Keputusan.
a. Pokok Soal Tatakelola Organisasi: a.l. Bagan Organisasi dan Pejabat yang Bertanggungjawab atas TJS; Struktur dan Proses Pengmbilan Keputusan.
b. Pokok Soal HAM: a.l. Diskriminasi dan kelompok
rentan; Hak kewargaan dan politik; Hak2 eko-sos-bud; Prinsip dasar dan Hak
dalam Kerja; Menghindari Keruwetan; Mengatasi Keluhan
c. Pokok Soal Praktik
Ketenagakerjaan: a.l.
Hubungan Kerja; Kondisi & Jamsos; dialog sosial; kesehatan dan keselamatan
kerja; HRD dan pelatihan
d. Pokok Soal Lingkungan : a.l. Mencegah pencemaran; Pemanfaatan sumberdaya berkelanjutan; Mitigasi
dan adaptasi Perubahan Iklim; Perlindungan lingkungan, Keragaman hayati dan Pemulihan
habitat alami.
10.30 Photo Session
dilanjutkan Tujuh Soal Pokok Tanggungjawab Sosial Dan Isu-isu Utama
Bagian II
~ Menerangkan soal (bidang) pokok dan isu2 yang terkait TSJ:
e. Pokok Soal Praktek keadilan: a.l. Anti korupsi; Keterlibatan Politis yg Bertanggungjawab; Persaingan yang Jujur; Memajukan TSJ Sepanjang Rantai Nilai
e. Pokok Soal Praktek keadilan: a.l. Anti korupsi; Keterlibatan Politis yg Bertanggungjawab; Persaingan yang Jujur; Memajukan TSJ Sepanjang Rantai Nilai
f. Pokok Soal Menyangkut
Konsumen/Klien:
a.l. Praktek pemasaran yg jujur, info yang benar, praktek kontrak yang jujur;
kesehatan & keamanan konsumsi/penggunaan; Konsumsi/ Hubungan berkelanjutan;
Layanan Konsumen/klien, Teknis pendukung, Penanganan Keluhan dan sengketa;
Perlindungan data ttg konsumen/klien dan privasinya; Akses Pelayanan Pokok;
Pendidikan dan kesadaran.
g. Pokok Soal Keterlibatan dengan
komunitas dan pembangunan: a.l. Keterlibatan dengan komunitas; Pendidikan dan kebudayaan;
Kesempatan Kerja dan pengembangan ketrampilan; Perkembangan teknologi;
Kesejahteraan dan pendapatan; Kesehatan; Investasi Sosial.
12.00 Makan
Siang
12.30 Studi Kasus
Berdasar situasi kasus TSJ, berusaha menerapkan prinsip, melakukan pertimbangan
yang benar dan adil, serta mengambil keputusan dan tindakan sejauh mungkin
selaras dengan harapan yg relevan.
13.30 Presentasi
14.00 Coffee Break
14.15 Integrasi TJS di seluruh bagian
organisasi
Pola TJS suatu organisasi, integrasi TJS di seluruh bagian organisasi,
komunikasi mengenai TJS, meningkatkan kredibilitas TJS organisasi, meninjau
kemajuan dan perbaikan kinerja serta menilai prakarsa TJS sukarela.
15.50 Tanya Jawab, Kesan, Harapan
Menyeluruh Sehubungan ISO 26000-2010
16.00
Closing Day #Two. Terima kasih.
INVESTASI
Rp 2.250.000,00/peserta
Bila satu lembaga mengirim 2 peserta sekali gus,
masing-masing Rp 2.000.000,00
Bila satu lembaga mengirim 3 peserta sekali gus, Rp
5.000.000 untuk ketiganya.
FASILITAS
Training Handout & Kits, Lunch, Coffee Breaks, Certificate.
INFORMASI
Hubungi :
SEMAI (Social Ecolonomics & Management Institute)
SEMAI (Social Ecolonomics & Management Institute)
d/a: Wisma Cindenest, Jln. Pangkur
no.19
Ganjuran, Manukan, Condongcatur,
Depok, SLEMAN, 55283
YOGYAKARTA, INDONESIA
Telp
0274-889611, HP: 085325258811; fax: 0274-889612
email:
lembagasemai@gmail.com
http//:
lembagasemai.blogspot.com
CONTACT PERSON
Swasono, M. Keman
CATATAN:
SEMAI
Melayani In-house training dengan pola terapan (tailored-application) yang
lebih rinci untuk 10-24 orang berdasarkan perhitungan mandays atau effective
hours (3days/24 hours; 4days/32 hours; 5days/40 hours).
Terimakasih banyak AKI karna melalui jalan togel ini saya sekarang sudah bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya warung makan sendiri hi itu semua berkat bantuan AKI JAYA yang telah membarikan angka 4D nya menang 275 jt kepada saya dan ALHAMDULILLAH berhasil,kini saya sangat bangga pada diri saya sendiri karna melalui jalan togel ini saya sudah bisa membahagiakan orang tua saya..jika anda ingin sukses seperti saya hubungi no hp O85-244-015-689 AKI JAYA,angka ritual AKI JAYA meman selalu tepat dan terbukti..silahkan anda buktikan sendiri. 2D 3D 4D 5D 6D
BalasHapusTerimakasih banyak AKI karna melalui jalan togel ini saya sekarang sudah bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya warung makan sendiri hi itu semua berkat bantuan AKI JAYA yang telah membarikan angka 4D nya menang 275 jt kepada saya dan ALHAMDULILLAH berhasil,kini saya sangat bangga pada diri saya sendiri karna melalui jalan togel ini saya sudah bisa membahagiakan orang tua saya..jika anda ingin sukses seperti saya hubungi no hp O85-244-015-689 AKI JAYA,angka ritual AKI JAYA meman selalu tepat dan terbukti..silahkan anda buktikan sendiri. 2D 3D 4D 5D 6D
Terimakasih banyak AKI karna melalui jalan togel ini saya sekarang sudah bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya warung makan sendiri hi itu semua berkat bantuan AKI JAYA yang telah membarikan angka 4D nya menang 275 jt kepada saya dan ALHAMDULILLAH berhasil,kini saya sangat bangga pada diri saya sendiri karna melalui jalan togel ini saya sudah bisa membahagiakan orang tua saya..jika anda ingin sukses seperti saya hubungi no hp O85-244-015-689 AKI JAYA,angka ritual AKI JAYA meman selalu tepat dan terbukti..silahkan anda buktikan sendiri. 2D 3D 4D 5D 6D