Kamis, 04 Juli 2013

Training ISO 26000 – Organizations Social Responsibility (SR)



 Angkatan
(I)                          22-23 Agustus 2013;
(II)                      29-30 Agustus 2013.  Yogyakarta


ISO 26000 adalah standar internasional yang menjadi pedoman semua organisasi yang keputusan dan aktivitasnya menimbulkan dampak atas masyarakat dan lingkungan hidup, untuk melaksanakan Tanggungjawab Sosial (Social Responsibility, SR). Standar ini dimaksudkan untuk digunakan oleh semua jenis organisasi apa pun sifat, bidang maupun bentuknya serta besarannya, di seluruh negara. 

Penerapan ISO 26000 dipandang sebagai satu langkah maju dalam peningkatan keikutsertaan organisasi-organisasi dalam rangka Pembangunan Berkelanjutan yang juga memengaruhi efektivitas, kinerja dan produktivitas organisasi sendiri. Untuk optimalisasi manfaat dari penerapan ISO 26000, maka diselenggarakan proses pembelajaran komprehensif dan sistemik bagi semua pihak yang terlibat dalam upaya pelaksanaan tanggungjawab sosial organisasi.

Di Indonesia, sebagian dari Organization’s Social Responsibility-ISO 26000 diwajibkan bagi perusahaan, menjadi Tanggungjawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR). Hal ini termaktub dalam pasal 74 UU Perseroan Terbatas (UUPT). Perusahaan, lembaga-lembaga maupun institusi sebaiknya melaksanakan ISO 26000 dalam memperhatikan aspek sosial dan lingkungan dari keputusan dan aktivitasnya selain aspek keuangannya. Maka Training ISO 26000 ini direkomendasikan kepada seluruh organisasi dan kelembagaan yang peduli, serta ingin membangun system pengelolaan SR secara terarah dan terukur guna meningkatkan produktifitas di kelembagaan dan organisasi.

TUJUAN
·    ~ Peserta memeroleh pemahaman dan pengetahuan dasar atas konsep ISO 26000-Organization’s Social Responsibility (SR)
~ Peserta mendapatkan gambaran pola sistematisasi dan integrasi serta evaluasi setiap kegiatan organisasi yang berdasarkan kepentingan para stakeholders di setiap tahapan proses penciptaan nilai 
~ Peserta mampu mengelola  dan membangun Sistem SR organisasi sesuai ISO 26000
 
MATERI
  1. Pemahaman Menyeluruh, Lingkup dan Isi ISO 26000
  2. Istilah Pokok dan Definisinya dalam ISO 26000
  3. Memahami Tanggungjawab Sosial dan Sustainable Development (Pembangunan Berkelanjutan)
  4. Definisi dan 7 Prinsip Tanggungjawab Sosial
  5. Menerima Tanggungjawab Sosial dan Keserasian Kepentingan Stakeholders
  6. Tujuh Bidang Pokok dan Isyu-isyu Tanggungjawab Sosial Organisasi
  7. Integrasi Tanggungjawab Sosial yang sudah dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan menurut pola ISO 26000
  8. Komunikasi Kinerja Social Responsibility (SR)
  9. Mengembangkan Action Plan untuk implementasi ISO 26000
PESERTA
1.      Pemimpin satuan organisasi yang bertanggungjawab atas policy manajemen; Muwakil /Representative bidang Social Responsibility, Stakeholders Relations, Quality Systems, General Affairs, External Relations, atau penanggungjawab bidang/seksi Kemitraan dan Bina Lingkungan, Community Development, Environment Development, HRD/Personalia, Humas.
2.      Perusahaan dari semua bidang industri, Rumah Sakit, Kampus/Sekolah, Kawasan Industri, Kawasan Wisata, Kawasan Ziarah, LSM/NGO

INSTRUKTUR
Pengantar DR Francis Wahono, Direktur SEMAI dan Ketua Yayasan Cindelaras Paritrana.
Pemandu Utama: Drs Bambang Kussriyanto
Konsultan dan Trainer Business Strategic Management, Quality & Productivity Development, ISO 9000-series/SNI 19000, ISO 14000, dan ISO 26000.

TEMPAT
CindeNest, Jl Pangkur 19, Ganjuran-Manukan, Condongcatur, Yogyakarta

DURASI
2 Hari (Efektif 14 Jam: 09.00-16.00)


ACARA
DAY #ONE
Selamat Datang/Registrasi
09.00 Pendahuluan
09.30 Standar Internasional IS0 26000 dan Kosa Kata/Istilah
                ~ Menentukan lingkup Standar International ini dan menunjukkan batasan dan kekecualian tertentu.
~ Memberikan definisi istilah pokok yang sangat mendasar pentingnya untuk memahami  tanggungjawab sosial dan untuk menggunakan Standar International ini.
10.15 Coffee Breaks
10.30 Latar Belakang dan Proyeksi ke Depan ISO 26000
~ Faktor2 penting dan kondisi yang memengaruhi perkembangan tanggung jawab sosial dan yang terus memengaruhi hakekat dan praktiknya. Juga menguraikan konsep TJS sendiri.
12.00 Makan Siang
12.30 Studi Kasus Tanggungjawab Sosial
~ Belajar dari situasi lapangan kasus, mengenali peluang-peluang dan kemungkinan tanggungjawab sosial
13.30 Tujuh Prinsip Tanggungjawab Sosial
~ Mengenalkan dan menerangkan prinsip-prinsip TJS: 1. Akuntabilitas; 2. Transparansi; 3. Perilaku Etis; 4. Menghormati Kepentingan Stakeholder; 5. Kepatuhan Hukum; 6. Menghormati Norma Perilaku Internasional; 7. Penegakan HAM.
14.30 Coffee Break
14.45 Peranan Para Pemangku Kepentingan (Stakeholders)
~ Penerimaan dan pengakuan suatu organisasi atas kewajiban melakukan TJS, dan upaya komunikasi dan kerjasama dengan para pemangku kepentingan
16.00 Closing Day #One
DAY #TWO
09.00 Tujuh Soal Pokok Tanggungjawab Sosial Dan Isu-isu Utama Bagian I
~ Menerangkan soal (bidang) pokok dan isu2 yang terkait TSJ:
a. Pokok Soal Tatakelola Organisasi: a.l. Bagan Organisasi dan Pejabat  yang Bertanggungjawab atas TJS; Struktur dan Proses Pengmbilan Keputusan.
b. Pokok Soal HAM: a.l. Diskriminasi dan kelompok rentan; Hak kewargaan dan politik; Hak2 eko-sos-bud; Prinsip dasar dan Hak dalam Kerja; Menghindari Keruwetan; Mengatasi Keluhan
c. Pokok Soal Praktik Ketenagakerjaan: a.l. Hubungan Kerja; Kondisi & Jamsos; dialog sosial; kesehatan dan keselamatan kerja; HRD dan pelatihan
d. Pokok Soal Lingkungan : a.l. Mencegah pencemaran; Pemanfaatan sumberdaya berkelanjutan; Mitigasi dan adaptasi Perubahan Iklim; Perlindungan lingkungan, Keragaman hayati dan Pemulihan habitat alami.
10.30 Photo Session
dilanjutkan Tujuh Soal Pokok Tanggungjawab Sosial Dan Isu-isu Utama Bagian II
~ Menerangkan soal (bidang) pokok dan isu2 yang terkait TSJ:
e. Pokok Soal Praktek keadilan: a.l. Anti korupsi; Keterlibatan Politis yg Bertanggungjawab; Persaingan yang Jujur; Memajukan TSJ Sepanjang Rantai  Nilai
f. Pokok Soal Menyangkut Konsumen/Klien: a.l. Praktek pemasaran yg jujur, info yang benar, praktek kontrak yang jujur; kesehatan & keamanan konsumsi/penggunaan; Konsumsi/ Hubungan berkelanjutan; Layanan Konsumen/klien, Teknis pendukung, Penanganan Keluhan dan sengketa; Perlindungan data ttg konsumen/klien dan privasinya; Akses Pelayanan Pokok; Pendidikan dan kesadaran.
g. Pokok Soal Keterlibatan dengan komunitas dan pembangunan: a.l. Keterlibatan dengan komunitas; Pendidikan dan kebudayaan; Kesempatan Kerja dan pengembangan ketrampilan; Perkembangan teknologi; Kesejahteraan dan pendapatan; Kesehatan; Investasi Sosial.
12.00 Makan Siang
12.30 Studi Kasus
Berdasar situasi kasus TSJ, berusaha menerapkan prinsip, melakukan pertimbangan yang benar dan adil, serta mengambil keputusan dan tindakan sejauh mungkin selaras dengan harapan yg relevan.
13.30 Presentasi
14.00 Coffee Break
14.15 Integrasi TJS di seluruh bagian organisasi
Pola TJS suatu organisasi, integrasi TJS di seluruh bagian organisasi, komunikasi mengenai TJS, meningkatkan kredibilitas TJS organisasi, meninjau kemajuan dan perbaikan kinerja serta menilai prakarsa TJS sukarela.
15.50 Tanya Jawab, Kesan, Harapan Menyeluruh Sehubungan ISO 26000-2010
16.00 Closing Day #Two. Terima kasih.

INVESTASI
Rp 2.250.000,00/peserta
Bila satu lembaga mengirim 2 peserta sekali gus, masing-masing Rp 2.000.000,00
Bila satu lembaga mengirim 3 peserta sekali gus, Rp 5.000.000 untuk ketiganya.

FASILITAS
Training Handout & Kits, Lunch, Coffee Breaks, Certificate.

INFORMASI
Hubungi :
SEMAI (Social Ecolonomics & Management Institute)
d/a: Wisma Cindenest, Jln. Pangkur no.19
Ganjuran, Manukan, Condongcatur, Depok, SLEMAN, 55283
YOGYAKARTA, INDONESIA
Telp 0274-889611,  HP: 085325258811; fax: 0274-889612

CONTACT PERSON
Swasono, M. Keman

CATATAN:
SEMAI Melayani In-house training dengan pola terapan (tailored-application) yang lebih rinci untuk 10-24 orang berdasarkan perhitungan mandays atau effective hours (3days/24 hours; 4days/32 hours; 5days/40 hours).

1 komentar:

  1. Terimakasih banyak AKI karna melalui jalan togel ini saya sekarang sudah bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya warung makan sendiri hi itu semua berkat bantuan AKI JAYA yang telah membarikan angka 4D nya menang 275 jt kepada saya dan ALHAMDULILLAH berhasil,kini saya sangat bangga pada diri saya sendiri karna melalui jalan togel ini saya sudah bisa membahagiakan orang tua saya..jika anda ingin sukses seperti saya hubungi no hp O85-244-015-689 AKI JAYA,angka ritual AKI JAYA meman selalu tepat dan terbukti..silahkan anda buktikan sendiri. 2D 3D 4D 5D 6D





    Terimakasih banyak AKI karna melalui jalan togel ini saya sekarang sudah bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya warung makan sendiri hi itu semua berkat bantuan AKI JAYA yang telah membarikan angka 4D nya menang 275 jt kepada saya dan ALHAMDULILLAH berhasil,kini saya sangat bangga pada diri saya sendiri karna melalui jalan togel ini saya sudah bisa membahagiakan orang tua saya..jika anda ingin sukses seperti saya hubungi no hp O85-244-015-689 AKI JAYA,angka ritual AKI JAYA meman selalu tepat dan terbukti..silahkan anda buktikan sendiri. 2D 3D 4D 5D 6D





    Terimakasih banyak AKI karna melalui jalan togel ini saya sekarang sudah bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya warung makan sendiri hi itu semua berkat bantuan AKI JAYA yang telah membarikan angka 4D nya menang 275 jt kepada saya dan ALHAMDULILLAH berhasil,kini saya sangat bangga pada diri saya sendiri karna melalui jalan togel ini saya sudah bisa membahagiakan orang tua saya..jika anda ingin sukses seperti saya hubungi no hp O85-244-015-689 AKI JAYA,angka ritual AKI JAYA meman selalu tepat dan terbukti..silahkan anda buktikan sendiri. 2D 3D 4D 5D 6D



    BalasHapus