Selasa, 12 Maret 2013

LSM/NGO BUDGETING TRAINING Penyusunan Anggaran LSM/NGO

Manajemen keuangan yang efisien mutlak perlu bagi pertumbuhan organisasi apa pun. Dengan adanya sistem manajemen keuangan yang dikelola dengan baik dan transparan nicaya memermudah organisasi mendapat kepercayaan dan dukungan dana dari donor. Untuk membangun suatu sistem manajemen keuangan yang kokoh diperlukan pemahaman akan praktek dan prinsip keuangan. Salah satu alat keuangan yang sangat penting adalah anggaran (budget). Dalam pelatihan ini disampaikan pedoman dasar bagi LSM/NGO untuk menyusun anggaran, dan untuk meningkatkan kapasitas mereka di dalam mengembangkan dan memanajemeni anggaran organisasi, proyek dan program, yang menunjang sistem keuangan keseluruhan yang efektif.

SEMAI memberikan pelayanan pelatihan Budgeting kepada LSM/NGO, Organisasi Kemasyarakatan maupun Organisasi Budaya. Pelatihan dapat dilakukan dengan jadwal reguler di Padepokan Cindelaras, Wisma Yacitra, Jl Pangkur 19, Ganjuran – Manukan – Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Bisa juga atas permintaan dilaksanakan di lokasi LSM/NGO, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Budaya, masing-masing sebagai suatu in-house training.

Pelatihan Budgeting dilakukan menggunakan pola participatory planning, dengan metode gabungan seminar/ceramah, focus-group discussion, study-kasus, dan simulasi. Waktu efektif yang diperlukan adalah 24 jam. Peserta yang diharapkan adalah para pemimpin dan kader pemimpin LSM/NGO, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Budaya, para manajer keuangan dan program, para koordinator bidang/lapangan, atau kader-kader mereka.

Setelah mengikuti pelatihan, para peserta diharapkan dapat mengukuhkan wawasan dan praktek Budgeting/penyusunan anggaran dan mengembangkan penerapannya, dapat mengatur persiapan yang diperlukan dengan baik, dapat memraktekkan pelaksanaan kegiatan Budgeting/penyusunan anggaran secara efektif, dan dapat menghasilkan anggaran organisasi yang kompak/padu, komprehensif/menyeluruh, transparan, meliputi seluruh anggaran organisasi, anggaran proyek/program, anggaran capacity building, serta mengenali titik-titik efisiensi.

Materi yang disampaikan a.l. Arus Keuangan Dalam Organisasi, Pendapatan dan Biaya dan Kompleksitas Anggaran, Perbedaan Anggaran Keuangan (ditunjang Financial Accounting) dan Anggaran Biaya (ditunjang Cost Accounting), Pengertian Pusat Biaya sebagai Responsibility Centers, Biaya Umum (Tetap), Biaya Penelitian, Biaya Operasi (= Biaya Proyek, Biaya Program, Biaya Monitoring-Control-Evaluasi, Biaya Penunjang Operasi), Anggaran Capacity-Building, Biaya Anggaran Contingency, Anggaran Modal, Neraca dan Laporan Keuangan Lainnya, Pengendalian Anggaran (Budget Control) dan Efisiensi Anggaran. Anggaran Sustenabilitas Organisasi. Penyampaian Anggaran dalam Proposal Kepada Donor. Penyampaian Realisasi Anggaran dalam Laporan Kerja Kepada Donor.

Untuk keterangan lebih lanjut, silakah hubungi DR FX Wahono dan Drs FX Bambang Kussriyanto pada alamat email fxwahono@gmail.com dan xavierkussriyanto@yahoo.co.id
Atau pada
SEMAI
Padhepokan Cindelaras, Jln. Pangkur no. 19,
Ganjuran, Manukan, Condongcatur,
Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta, 55283, Indonesia.
Ph.: +62 274 889611 dan Ph/fax.: +62 274 889612
Email: lembagasemai@gmail.com

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar