Selasa, 12 Maret 2013

STRATEGIC PLANNING UNTUK LSM/NGO Organisasi Masyarakat dan Organisasi Budaya

Strategic Planning atau Perencanaan Strategis merupakan salah satu kegiatan inti organisasi apa pun; mutlak perlu dan sangat penting agar dilaksanakan sebaik-baiknya. Hasilnya adalah suatu Rencana Strategis atau RENSTRA organisasi.

Melalui kegiatan Strategic Planning organisasi menegaskan arah dan tujuan jangka panjang yang akan ditempuh di masa depan, setelah memeriksa posisi organisasi dalam situasi dan kondisi kemasyarakatan setempat dan pada masa sekarang. Nilai-nilai yang dianut dikuatkan kembali sebagai pedoman tindakan operasional. Bidang-bidang kegiatan pokok yang sesuai dengan mandat aseli organisasi dan riwayat pencapaiannya diatur skala prioritasnya, sebagai pedoman alokasi sumberdaya dalam periode tertentu di masa depan.Misi Umum organisasi disadari kembali, diteguhkan, dan diterjemahkan ke dalam Misi-misi khusus pada tiap bidang kegiatan pokok. Kemudian secara garis besar proyek, program kerja dan kegiatan-kegiatan utama di jabarkan sebagai upaya pelaksanaan Misi-misi khusus dan Umum. Parameter capaian ditetapkan, baik sebagai output, outcome, maupun impact (dampak) untuk tolok ukur kemajuan, baik dalam rangka evaluasi kinerja kuartal, semester maupun tahunan.

Semua ini dimaksudkan pertama-tama secara internal untuk mendapatkan komitmen dari seluruh staf dan anggota organisasi. Selanjutnya secara eksternal akan dituangkan ke dalam proposal yang akan disampaikan kepada para donor, penyandang dana organisasi.

SEMAI memberikan pelayanan pelatihan Strategic Planning kepada LSM/NGO, Organisasi Kemasyarakatan maupun Organisasi Budaya. Pelatihan dapat dilakukan dengan jadwal reguler di Padepokan Cindelaras, Wisma Yacitra, Jl Pangkur 19, Ganjuran – Manukan – Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Bisa juga atas permintaan dilaksanakan di lokasi LSM/NGO, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Budaya, masing-masing sebagai suatu in-house training.

Pelatihan dilakukan menggunakan pola participatory planning, dengan metode gabungan seminar/ceramah, focus-group discussion, study-kasus, dan simulasi. Waktu efektif yang diperlukan adalah 24 jam. Peserta yang diharapkan adalah para pemimpin dan kader pemimpin LSM/NGO, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Budaya, para manajer program dan sistem penunjang, para koordinator bidang/lapangan, atau kader-kader mereka.

Setelah mengikuti pelatihan, para peserta diharapkan dapat mengukuhkan wawasan dan praktek Strategic Planning dan mengembangkan penerapannya, dapat mengatur persiapan yang diperlukan dengan baik, dapat memraktekkan pelaksanaan Strategic Planning secara efektif, dan dapat menghasilkan RENSTRA yang kompak/padu, komprehensif/menyeluruh, selaras dengan mandat asli organisasi dan sesuai dengan situasi dan kondisi daerah lingkup pelayanan.

Materi yang disampaikan a.l. Systematization of Experience (SoE) dan Analisis Sosial, Vision-Values-Direction Decision, Mission Reinforcement and Renewals, Bidang Hasil Pokok, Objectives, Strategies dan Approach, Proyek dan Program, Organisation and Capacity Building, Monitoring-Control-Evaluation Parameter and Schedules, dan Budgeting.

Untuk keterangan lebih lanjut, silakah hubungi DR FX Wahono dan Drs FX Bambang Kussriyanto pada alamat email fxwahono@gmail.com dan xavierkussriyanto@yahoo.co.id
Atau pada
SEMAI
Padhepokan Cindelaras, Jln. Pangkur no. 19,
Ganjuran, Manukan, Condongcatur,
Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta, 55283, Indonesia.
Ph.: +62 274 889611 dan Ph/fax.: +62 274 889612

1 komentar:

  1. Apakah sudah ada jadwal yang pasti, kapan pelatihan ini akan dilaksanakan?

    BalasHapus