Selasa, 12 Maret 2013

CINDELARAS PARITRANA




Lembaga Swadaya Masyarakat CINDELARAS PARITRANA atau singkatnya CINDELARAS ini didirikan pada 27 Oktober 1998 oleh tiga sobat, yakni Dr. Ignatius Wibowo Wibisono, SJ; Francis Wahono, B.Ec (Hons), Ph.D, dan Andreas Suhana Nitiprawira, S.P, CSsR, atas sponsor hak pakai tanah dari Yohanes Djemangin Nitiprawira, seorang petani beken di Puluhan, Sumberarum, Moyudan, Sleman, D.I. Yogyakarta. Mandat utama lembaga ini adalah mengadakan pendidikan penyadaran, pengetahuan, ketrampilan dan pemberdayaan komunitas desa, khususnya petani dan para perempuan serta orang mudanya, agar mereka kritis terhadap neoliberalisme dan berani mencoba model-model alternatif yang pro dan berpusat pada rakyat. Selain itu, bila keadaan memanggil, seperti tsunami di Aceh, gempa di Bantul dan Klaten, serta erupsi gunung Merapi, lembaga juga sekemampuannya melibatkan diri pada kerja emergensi dan rehabilitasi berbasis komunitas. Selama eksistensinya, yang hampir 14 tahun Yayasan Cindelaras Paritrana, di ranah nasional, telah sukses menjadi coordinator perumusan hak-hak asasi petani (2001), coordinator Prepcom Rio+10 Indonesia untuk wilayah Jawa-Bali, tuan rumah gerakan sosial baru Indonesia (2005), coordinator koalisi LSM untuk emergensi dan rehabilitasi di Nagan Raya Aceh (2005-2008), dan coordinator advokasi koalisai 73 LSM suara korban gempa di Yogyakarta (2006-2007). Ciri khas pendidikan Lembaga ini adalah PERPEC (Peasant Rights Participatory Education) dan LOLET (Leadership Training), serta pemberdayaan berbasis inisitatif lokal rakyat yang memandirikan. Aksi dan refleksi sebagai metode sentral lembaga dilakukan dengan live-in dan bergerak bersama rakyat seraya merefleksikan hasilnya sebagai bahan memperkaya penulisan-penulisan buku. Sampai pertengahan 2012 ini, Yayasan Cindelaras Paritrana telah menerbitkan 25 buku, diharapkan sampai akhir tahun ada 3 tambahan buku baru lagi, yang berdasar pengalaman lapangan dibingkai dalam teori mutakhir. Untuk melaksanakan mandat pendidikan, penyebaran pengetahuan dan peningkatan ketrampilan sosial umum, Cindelaras Paritrana menyelenggarakan Lembaga SEMAI.

Alamat : Padhepokan Cindelaras, Jln. Pangkur no. 19,
Ganjuran, Manukan, Condongcatur,
Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta, 55283, Indonesia.
Ph.: +62 274 889611 dan Ph/fax.: +62 274 889612
Email: cindebooks@yahoo.com; website: www.cindelaras.org

2 komentar:

  1. aduh tanah milik yayasan diatas namakan pribadi (kluarga) !
    menyedihkan.(tanah jln pangkur no19)

    BalasHapus
  2. 😎 Bergaya Sambil Mencari Pahala, Kenapa Tidak 😎
    .
    Dengan Kaos Dakwah dari Gootick Apparel yang akan membuat penampilan teman-teman pasti berbeda dari yang lain 😍😍😍
    .
    Dengan bahan Material dari Catton Bamboo yang memiliki kualitas tidak perlu di ragukan dan Sablon yang Rapih dan Kuat. Baca Terlebih dahulu kelebihan dari Cotton Bamboo

    Tersedia 5 tulisan bermakna Islami dan pilihan warna yang pastinya cocok di pakai untuk kegiatan sehari-hari yang akan terlihat Elegan dan Simple, Rapih dan Pastinya Keren.
    .
    "Promo HEMAT" Harga Normal Rp.100 K dan dapatkan potongan diskon harga sebesar Rp. 30 K.
    .
    Untuk informasi pemesanan silahkan klik link dibawah ini:

    Jual Kaos Dakwah
    Testimoni di >>>Instagram<<<:
    .
    Tunggu apalagi Langsung Ambil Promonya selagi masih Tersedia


    Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
    Fashion

    BalasHapus